Studi Keamanan Susu Pasteurisasi yang Beredar di Kotamadya Malang (Kajian dari Mutu Mikrobiologis dan Nilai Gizi)

Authors

  • Elok Zubaidah
  • Joni Kusnadi
  • Pendik Setiawan

Abstract

Seiring dengan meningkatnya konsumsi susu masyarakat, khususnya anak-anak, akhir-akhir ini semakin banyak pula susu pasteurisasi yang beredar di masyarakat dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah. Pada umumnya susu pasteurisasi in diproduksi oleh industri rumah tangga,  dikemas dengan kemasan plastik dan  dijajakan di sekolah-sekolah dengan sasaran anak-anak TK dan SD. Selama ini belum diketahui apakah susu tersebut telah memenuhi standar keamanan mikrobiologis maupun mutu gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu mikrobiologis dan nilai gizi dari susu pasteurisasi yang beredar di Kotamadya malang. Penelitian dilakukan terhadap 6 merk susu pasteurisasi yaitu KUD Batu, BLPP Batu, KUD Dau, Tani Malang, Dwita Melati dan Tanpa merk. Sebagai pembanding digunakan standar susu pasteurisasi berdasarkan SNI tahun 1993. Analisa meliputi kondisi produk, uji mikrobiologis meliputi angka lempeng total, E. coli, uji reduktase, Uji kimia meliputi kadar  protein, lemak, Bahan Kering Tanpa Lemak.  Percobaan dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok dan diulang 3 kali.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rerata total mikroba antara 150.000-2.400.000 koloni/ml, Rerata total Escherichia coli antara 91 – 263 koloni/ml, Rerata uji reduktase antara 4,3 – 6 jam, Rerata derajat keasaman (pH) antara 5,46 – 5,58  Rerata kadar protein antara 3,06 – 3,5, Rerata kadar lemak antara 1,95 – 3,15, Rerata bahan kering tanpa lemak antara 10,32 – 12,79. Berdasarkan SNI 1993 untuk susu pasteurisasi, total mikroba maksimal sebesar 30.000 koloni/ml, E.coli sebesar 10 koloni/ml., uji reduktase sebesar 8 jam. kadar protein minimal 2,5%, kadar lemak minimal 2,8%, BKTL minimal 7,5.

Berdasarkan data hasil penelitian dapat diketahui bahwa semua jenis susu pasteurisasi yang diteliti jika ditinjau dari aspek mikrobiologis tidak satupun yang memenuhi standar susu pasteurisasi berdasarkan SNI Tahun 1993. Sedangkan ditinjau dari mutu gizi sudah memenuhi persyaratan SNI 1993.

 

Kata kunci: susu pasteurisasi, mutu mikrobiologis, dan Escherichia coli

Downloads

Published

2012-01-20

Issue

Section

Articles