Rancang Bangun Mesin Pemanen Padi Satu Jalur

Musthofa Lutfi, Gunomo Djojowasito, Ekoyanto Pudjiono, R. Fery Agung S.

Abstract


Panen merupakan tahap akhir dari proses budidaya padi di sawah, salah satu hal yang penting dalam pemanenan padi adalah cara panen. Cara panen dapat digolongkan dalam dua macam yaitu secara tradisional dan mekanis. Secara tradisional panen mempunyai kelemahan  dalam kebutuhan tenaga kerja yang banyak serta kapasitas kerja yang rendah sedangkan secara mekanis harga mesin panen yang mahal serta kondisi lahan pertanian di Indonesia yang bergelombang belum memungkinkan digunakannya mesin pemanen mekanis.

Tujuan penelitian ini adalah merancang suatu mesin pemanen padi mekanis satu jalur yang sesuai dengan kondisi lahan pertanian di Indonesia, serta mengujinya pada lahan padi siap panen.

Dari pengujian dan perhitungan didapatkan nilai tahanan guling dari mesin pemanen padi sebesar 454,133 N dan daya untuk menggerakkan mesin maju sebesar 111,01 Watt. Pada pengujian di lapang mesin pemanen padi menunjukkan unjuk kerja yang baik, dimana batang pengarah dan gigi bintang mampu mengarahkan batang tanaman padi ke titik pemotongan, dan kemampuan pisau yang dengan cepat memotong batang tanaman padi. Salah satu fungsi utama yang kurang tercapai adalah kemampuan konveyor menggeser tanaman padi ke sisi luar dari mesin pemanen. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kecepatan gerak dari konveyor dan gigi bintang.

 

Kata kunci: mesin pemanen padi satu jalur, rancang bangun, mesin pertanian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Musthofa Lutfi, Gunomo Djojowasito, Ekoyanto Pudjiono, R. Fery Agung S.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.