Penerapan Peta Kendali X , R Dan Sampel Penerimaan Standar Militer 414 pada Proses Grading untuk Pengendalian Mutu Udang Beku (Studi Kasus di PT SKB-Sidoarjo)

Ely Ratnawati, Endah Rahayu Lestari, Sri Suhartini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang gambaran mutu pemeriksaan keseragaman berat produk udang beku pada proses grading dengan menerapkan peta X dan R, membandingkan metode pemeriksaan Standar Militer 414 dengan metode perusahaan dalam mengendalikan keseragaman berat produk udang beku dan melihat perbedaan jumlah produk yang tidak sesuai dengan standar perusahaan antara sebelum dan sesudah penerapan Standar Militer 414, serta melihat perbedaan biaya mutu pada proses grading antara sebelum dan sesudah penerapan Standar Militer 414.

Pengamatan untuk membentuk peta X dan R dilakukan selama enam hari kerja menggunakan 30 sampel dengan 5 sub grup, tiap sub grup terdiri dari 4 observasi. Pengambilan sampel berdasarkan Standar Militer 414 menggunakan jumlah populasi (N) 47 ember udang. Pada pemeriksaan normal dan ketat jumlah sampel yang diamati (n) 7 ember udang dan pada pemeriksaan normal jumlah sampel (n) 5 ember udang. Jumlah maksimal produk tidak sesuai dengan standar yang masih dapat diterima (M) pada pemeriksaan normal 12,20%, pemeriksaan ketat 8,40% dan pemeriksaan longgar 12,19%. Tingkat Kualitas Terima (TKT) yang digunakan sebesar 4%.

Hasil penerapan peta  dan R menunjukkan bahwa proses grading dalam keadaan terkendali dengan menghasilkan 5,85% produk udang tidak sesuai dengan standar berat perusahaan. Penerapan Standar Militer 414 dapat menurunkan jumlah produk udang yang tidak sesuai dengan standar berat perusahaan dari 27 ember udang/47 ember udang menjadi 12 ember udang/47 ember udang atau terjadi penurunan 32%. Biaya mutu yang dikeluarkan oleh perusahaan juga mengalami penurunan dari Rp1.377.624,64/bulan menjadi Rp1.345.173,76/bulan atau terjadi penurunan 3,47%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ely Ratnawati, Endah Rahayu Lestari, Sri Suhartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.