Perbaikan Metode Kerja di Bagian Pelintingan Rokok dengan Menggunakan Studi Gerak dan Waktu untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja (Studi Kasus di P.R. Sumber Rejeki Wajak Malang).

Rizka Alifia, E.F. Sri Maryani Santoso, Nur Hidayat

Abstract


Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan dengan baik melalui peningkatan produktivitas kerja terutama untuk perusahaan yang proses produksinya dilakukan secara manual. Perusahaan rokok Sumber Rejeki adalah salah satu perusahaan yang proses produksinya dilakukan secara manual. Permasalahan yang terjadi adalah perusahaan hanya bisa memenuhi 75% target produksi yang ada. Perbaikan metode kerja di bagian pelintingan rokok dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Perbaikan metode kerja ini bisa dilakukan melalui studi gerak dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan efisiensi kerja melalui perbaikan metode kerja pada bagian pelintingan.

Hasil penelitian menunjukkan dari perbaikan metode kerja pada proses pelintingan rokok di P.R. Sumber Rejeki yang dilakukan dengan merubah tata letak, menggabungkan gerakan tangan kiri dan tangan kanan, serta mengeliminasi gerakan menunggu (unavoidable delay) dan memegang untuk memakai (hold). Perbaikan ini dapat mempercepat waktu siklus dan waktu standar serta meningkatkan output aktual, output standar dan efisiensi kerja.

 

Kata kunci: perbaikan metode kerja, waktu standar, efisiensi kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizka Alifia, E.F. Sri Maryani Santoso, Nur Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.