INTEGRASI SIKAP MULTIATRIBUT FISHBEIN DAN HOUSE OF QUALITY DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING JERUK LOKAL (CITRUS SP)

Authors

  • Wilson Kosasih Universitas Tarumanagara http://orcid.org/0000-0003-1127-6347
  • Iphov Kumala Sriwana Universitas Telkom
  • Frans Jusuf Daywin Universitas Tarumanagara
  • Vera Veliria Universitas Tarumanagara
  • Lithrone Laricha Salomon Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jtp.2021.022.01.7

Keywords:

jeruk, atribut, daya saing, Fishbein, HOQ

Abstract

ABSTRAK 

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah jeruk (Citrus sp) terbesar, yaitu mencapai 2.563.490 ton pada tahun 2019, meskipun demikian faktanya buah jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura impor utama. Kehadiran jeruk impor sebagai kompetitor membuat keberadaan jeruk lokal tergeser sehingga perlu adanya rencana strategis yang membuat jeruk lokal lebih diminati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut yang dominan berpengaruh pada buah jeruk, daya saing jeruk lokal berdasarkan sikap konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi daya saingnya, dan juga mengembangkan rencana strategi peningkatan daya saing jeruk lokal. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan model sikap Fishbein, dimana pada prinsipnya sikap seseorang terhadap sebuah objek akan dikenali lewat atribut-atribut yang melekat pada objek tersebut. Responden dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling yaitu penetapan responden berdasarkan kriteria pernah membeli dan mengkonsumsi jeruk baik lokal maupun impor, umur responden minimal 16 tahun dan berdomisili di Jakarta. Hasil studi ini mendemonstrasikan bahwa sikap konsumen pada buah jeruk lokal menunjukkan bahwa keputusan konsumen di Jakarta untuk membeli atau mengkonsumsi buah jeruk lokal didasarkan pada ketertarikan karena harga, ketersediaan, kandungan air dan kesegaran. Secara keseluruhan jeruk impor lebih positif di mata konsumen ditunjukkan dengan 6 dari 10 atribut jeruk impor lebih unggul dibanding jeruk lokal. Pada akhirnya, tindakan rekomendasi yang diprioritaskan untuk jeruk lokal diperoleh dari hasil House of Quality (HOQ) terhadap lima atributnya yang memiliki kualifikasi sedang dan buruk, yaitu aroma, warna, tampilan fisik, kemasan dan merek.

Kata kunci: jeruk, atribut, daya saing, Fishbein, HOQ.

 

ABSTRACT

Indonesia is one of the largest orange (Citrus sp) producing countries, reaching 2,563,490 tonnes in 2019, despite the fact that fresh orange is one of the main imported horticultural commodities. The presence of imported oranges as a competitor displaced the local oranges, so that a strategic plan was needed to make local oranges more attractive to consumers. This research study aims to identify the attributes that have a dominant effect on orange, the competitiveness of local oranges based on consumer attitudes, the factors that affect their competitiveness, and also develop a strategic plan to increase the competitiveness of local oranges. This study was conducted using a survey method with the Fishbein attitude model approach, where in principle a person's attitude towards an object will be recognized through the attributes attached to the object. Respondents in this study were selected by purposive sampling, namely the determination of respondents based on the criteria of having bought and consumed oranges both local and imported, with at least 16 years of age and domiciled in Jakarta. The results of this study demonstrate that consumer attitudes towards local oranges indicate that consumer decisions in Jakarta to buy or consume local oranges are based on attractiveness due to price, availability, water content and freshness. Overall, imported oranges are more positive in the points of consumers, indicated by 6 out of 10 attributes of imported oranges being superior to local oranges. In the end, the recommended actions that were prioritized for local oranges were obtained from the results of the House of Quality (HOQ) of its five attributes which had moderate and poor qualifications, namely aroma, color, physical appearance, packaging and brand.

Keywords: orange, attribute, competitiveness, Fishbein, HOQ

Author Biographies

Wilson Kosasih, Universitas Tarumanagara

Industrial Engineering Department

Iphov Kumala Sriwana, Universitas Telkom

Industrial Engineering Departmennt

Frans Jusuf Daywin, Universitas Tarumanagara

Industrial Engineering Department

Vera Veliria, Universitas Tarumanagara

Industrial Engineering Department

Lithrone Laricha Salomon, Universitas Tarumanagara

Industrial Engineering Department

References

Ajzen, -I., Fishbein, -M., 1973. Attitudinal and normative variables as predictors of specific behavior. Journal of Personality and Social Psychology. 27(1), 41–57. http://dx.doi.org/10.1037/h0034440

Akao, Y. 1990. History of Quality Function Deployment in Japan, The Best on Quality. Hanser, New York

Badan Pusat Statistik, 2019. Statistik Hortikultura. BPS RI, Jakarta

Felixs, -D., Palit, H, -C., 2013. Analisa persepsi dan preferensi kualitas buah tropis. Jurnal Titra. 1, 77–82. http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-industri/article/view/140

Fishbein, M, Ajzen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Addison-Wesley, Reading, MA

Jannah, -N., Antara, -M., Effendy., 2018. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah jeruk impor di kota Palu. Agroland. 25(2), 121–129. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/AGROLAND/article/view/10885

Kosasih, -W., Soenandi, I, -A., Celsia, -E., 2013. Aplikasi QFD untuk pengembangan produk wafer (Studi kasus: PT Indo Sari Abadi). Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. 2(7), 258–269. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/JTIK/article/view/800

Munandar, J, -M., Udin, -F., Amelia, -M., 2004. Analisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen produk air minum dalam kemasan di Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. 13(3), 97–107. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/article/view/4537

Puspita, -W., Nugrahani, -R., 2014. Analisis sikap multiatribut fishbein mengenai atribut obat herbal merek tolak angin Sido Muncul di kota Bandung. Jurnal Sosioteknologi. 13, 15–24. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2014.13.1.2

Rangkuti, F. 2002. Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship Strategy. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rosalina, -D., Zati, M, -R., 2019. Analisis daya saing jeruk lokal terhadap jeruk impor di kabupaten Tanah Karo. Jurnal Samudra Ekonomika. 3, 26–33. https://doi.org/10.1234/jse.v3i1.1284

Sadeli, A, -H., Utami, H, -N., 2013. Sikap konsumen terhadap atribut produk untuk mengukur daya saing produk jeruk. Trikonomika. 12, 61–71. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v12i1.460

Sasmaya, -I., Indriani, -Y., Gultom, D, -T., 2019. Perilaku konsumen dalam pembelian sayuran di pasar tradisional kota Metro. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis. 7, 330–337. https://doi.org/10.23960/jiia.v7i3.330-337

Setyanto, L, -E., Arifin, -Z., Sunarti., 2017. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembeli (survei pembeli Apple Iphone pada mahasiswa/mahasiswi S1 Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis angkatan 2013/2014 Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. 46, 19–27. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1805

Siregar, S. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara, Jakarta

Sunarjono, H. 2015. Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah. Penebar Swadaya, Jakarta

Widiyanti, -W., 2019. Sikap konsumen terhadap multiatribut produk domino pizza dengan metode fishbein di Depok. Cakrawala. 19, 107–112. https://doi.org/10.31294/jc.v19i1.4895

Yosini, -D., 2011. Consumer preferences on import and local fruit in Indonesia. Agron. Ser. Sci. Res. 54, 32–37. http://www.uaiasi.ro/revagrois/PDF/2011-2/paper/pagini_32-37_Yosini.pdf

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles